Tuesday 9 June 2015

What Susie says.... #NulisRandom2015 Day 1

Kemarin saya dilantik menjadi pengurus sebuah organisasi baru. Setelah foto2nya beredar di dunia maya, saya mendapatkan beberapa tanggapan dan komentar. Banyak yang memberikan komentar positif tapi ada beberapa komentar yang membuat saya berpikir.

Seupil komentar ini adalah mengenai keraguan akan kredibilitas dan kemampuan orang-orang yang ada dalam kepengurusan tersebut. Ya, ini adalah organisasi baru dan Ya, mereka (dan saya) yang ada didalamnya adalah orang-orang muda. Ya, Kami belum cukup banyak makan asam garam. Ya, beberapa (dan bahkan semua kami) telah mencetak beberapa imej baik dan buruk.

Tapi bukankah semua manusia juga demikian?

Sekuat apapun manusia berusaha berbuat yang terbaik. Manusia mungkin melakukan kesalahan.
Sebaik apapun tindakan kita pasti ada orang yang melihat dari sisi yang terburuk.

Dalam hidup saya, selama bertumbuh dan berkembang, saya banyak mendapat dorongan positif baik dari orang tua, handai tolan, guru dan teman. Mereka semua percaya pada saya, pada kemampuan saya dan pada kerja keras saya. Pada suatu saat, saya sungguh percaya semua itu dan menjadi sombong.

Pepatah berbahasa Inggris mengatakan, "Pride goes before a fall" (Kesombongan adalah awal dari kejatuhan), dan hal ini terjadi pada saya. Dalam hidup saya yang sudah 30 tahun lebih ini, saya banyak mengalami kekecewaan dan kekalahan bahkan kejatuhan dan kesalahan. Namun semua itu membuat saya semakin bijak. Bukan untuk dilihat orang tapi bijak bagi diri sendiri agar saya dapat hidup damai.

Saya belajar bahwa saya tidak lebih baik dari orang lain. Puji Tuhan, saya punya beberapa pengalaman yang dianggap banyak orang lebih dari dari orang lain, namun itu tidak menjadikan saya yang paling baik.

Ketika tadi malam dan pagi ini saya mencermati setiap wajah dalam foto-foto hasil pelantikan kemarin. Saya melihat begitu banyak potensi dan pengalaman yang dapat mereka (dan saya) bawa dalam proses tugas mulia kami. Ya, saya tahu beberapa hal, tapi kawan-kawan saya tahu banyak hal yang saya tidak tahu dengan berkaca pada pengalaman mereka sendiri.

Kami punya awal yang sedikit gamang memang, namun pada hari gladi resik, ketika kami duduk melingkar bersama, ada satu pemikiran yang terus terngiang di kepala saya,

"We all have potentials. Everyone does. All it takes is for each and everyone of this individuals to be given a chance to shine. All it matters is if we work together to use our individuals and common strength to overcome our weakness."

Kemudian setelah membaca dan mendengar komentar-komentar ini ada teman yang suka sharing kutipan inspiratif dan dia mengirimkan foto diatas. "What Susie says of Sally, says more about Susie than of Sally".. bahwa apa yang dikatakan (baca: digosipkan, dibicarakan, dibisik-bisikan) oleh Susie tentang (keburukan) Sally sebenarnya lebih mencerminkan siapa Susie sebenarnya dibandingkan tentang Sally.

Sehingga kalau ada orang yang mempertanyakan kredibilitas dan kemampuan kelompok kecil ini, maka kita sudah dapat menebak mentalitas dan kemampuan orang(orang) tersebut. Mereka mungkin berpikir mereka lebih baik dari orang lain.... dan lebih baik dari kami yang ada dalam tim yang baru dilantik ini.

Tak masalah! Tak perlu mempermasalahkan hal ini.

Bagi saya pribadi ini semakin meneguhkan pembelajaran pribadi dan prinsip saya yang telah saya bangun dan percayai selama ini bahwa saya tidak dan tidak perlu merasa dan membuktikan bahwa saya lebih baik dari orang lain. Kalau saya berpikir begini terus saya akan selalu membandingkan diri saya dengan orang lain. dan jika ini terjadi saya tidak akan pernah merasa puas.

Saya sangat puas dengan diri saya, kegagalan saya dan pencapaian-pencapaian saya selama ini. Saya bangga bisa bertemu dengan banyak orang-orang hebat. The only person I need to be better is my yesterday self. For everyday, I want to be a better person. For me and an example for my daughter.

So yes, kami muda dan masih harus banyak belajar. Tapi belajar harus dimulai pada suatu titik kan? dan ini adalah titik awal kami. Kami mungkin harus jatuh bangun namun ini proses belajar kami.

This is the beginning friends! The road is long... but victory awaits!




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...